Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Bersama Masyarakat Buat Drainase Berporus di Kelurahan Jagabaya II

Bandarlampung – Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia melakukan Pengabdian pada Masyarakat (PkM), di RT 005 Kelurahan Jagabaya II Kecamatan Way Halim Bandarlampung.

Kegiatan PkM yang dilaksanakan pada Rabu (26/8/2020), mengambil tema “Peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap drainase berporus yang difungsikan sebagai peresapan air hujan”.

Tim PkM juga Kaprodi Teknik Sipil Dian Pratiwi, SE, MEg menjelaskan, kegiatan ini melibatkan dosen, mahasiswa, pekerja pengeboran, dan masyarakat di lingkungan RT 005.

Kegiatan yang dilakukan berupa penggalian tanah sedalam satu meter dan pemasangan pipa pvc 4 inchi pada saluran drainase, yang disebar pada titik-titik lokasi yang sering mengalami banjir skala kecil di RT 005.

Dian lebih lanjut menjelaskan, selain sebagai peresapan air hujan drainase berporus yang dibuat juga dapat meminimalisir banjir skala kecil di wilayah perkotaan.

Fungsi drainase sebagai prasarana mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan. Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju laut, sungai, danau, sumur dan saranan resapan lainnya. Untuk itu, diperlukan sistem drainase yang baik, khususnya di kawasan yang ramai penghuni seperti perumahan maupun perkampungan. “Salah satunya membuat drainase berporus yang dapat meminimalisir banjir,” ujar Dian.

Menurut dia, sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada. Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Oleh sebab itu, Tim PkM Prodi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS terbaik di Provinsi Lampung ini, bersama warga setempat bergotong royong mengurangi banjir dengan membuat air resapan berupa drainase berporus.

Tim PkM Prodi Teknik Sipil terdiri; Dosen Dian Pratiwi, SE, MEg, Ria Oktaviani Sinia, ST, MT dan Dr. Arniza Fitri, ST, MSc. Dibantu mahasiswa, Aji Pangestu, Destaru Dimas Ariandu dan Dimas Wahyu Saputra.

Dian berharap kegiatan drainase berporus ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya RT 005 Jagabaya II. Minimal bisa mengurangi banjir di lingkungan masyarakat. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, yang telah mendukung kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua RT 005 Kamdani, mengatakan, ia bersama masyarakat sangat mendukung kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat. Dia berharap pengabdian ini dapat bermanfaat dan mengurangi genangan air pada saat banjir dengan skala kecil terutama di lokasi yang dipasang drainase berporus.

Kunjungi website resmi kami di :
Website Fakultas dan Kemahasiswaan
http://feb.teknokrat.ac.id
https://ftik.teknokrat.ac.id
http://fsip.teknokrat.ac.id
http://kemahasiswaan.teknokrat.ac.id

Online Learning :
https://spada.teknokrat.ac.id

Website Program Studi FTIK :
http://if.ftik.teknokrat.ac.id
http://si.ftik.teknokrat.ac.id
http://ti.ftik.teknokrat.ac.id
http://ts.ftik.teknokrat.ac.id
http://sia.ftik.teknokrat.ac.id
http://te.ftik.teknokrat.ac.id
http://tk.ftik.teknokrat.ac.id

Website Program Studi FSIP:
http://po.fsip.teknokrat.ac.id
http://ss.fsip.teknokrat.ac.id
http://pbi.fsip.teknokrat.ac.id
http://pm.fsip.teknokrat.ac.id

Website Program Studi FEB :
http://ma.feb.teknokrat.ac.id
http://ak.feb.teknokrat.ac.id

==============================================

#Universitasteknokratindonesia #ayokuliah #alumni #smk #sma #kampusterbaik #kampusterbaikdilampung #penerimaanmahasiswabaru2020 #lldiktiwilayah2 #pelajarlampung #pelajar #kampusswastaterbaikdilampung #perguruantinggiswastaterbaikdilampung #ptsterbaikdilampung #mahasiswateknokrat #PKMTeknokrat #lldiktiwilayah2 #lldiktii2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *